Tupoksi

Selanjutnya tugas pokok dan fungsi Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat dapat dijelaskan

a. Kepala Dinas Perdagangan

Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Bupati dalam merumuskan menyusun mengkoordinasikan kebijakan umum dan teknis serta penyelengaraan kewenangan di bidang perdagangan, perindustrian dan pengelolaan pasar. Kepala Dinas menjalankan fungsi

– Penetapan rencana kerja dan program/kegiatan Dinas Perdagangan, – Pengkoordinasian rencana kerja dan program Dinas Perdagangan;

– Penyelenggaraan koordinasi, sinkronisasi dan integrasi tugas dan kegiatan pada unit kerja lainnya baik

otonom maupun vertikal,

– Penyelenggaraan pembinaan teknis, pengawasan dan pengendalian pembangunan di bidang

perdagangan, perindustrian dan pengelolaan pasar,

– Pengkoordinasian pelaksanaan kebijakan teknis dan progam Dinas Perdagangan:

– Pengarahan pelaksanaan kegiatan teknis di bidang perdagangan, perindustrian dan pengelolaan

pasar, – Pemantauan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan urusan rumah tangga meliputi administrasi. keuangan, kepegawaian, perlengkapan, hubungan masyarakat dan surat-menyurat serta informasi di

bidang perdagangan, perindustrian dan pengelolaan pasar,

Penganalisaan seluruh laporan pelaksanaan program dan hasil pembangunan dibidang perdagangan,

perindustrian dan pengelolaan pasar yang dicapai serta laporan tahunan sebagai bahan pertanggung

jawaban;

– Pelaporan program dan kegiatan Dinas Perdagangan;

– Pemberian saran dan pertimbangan mengenai langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang perlu

diambil dibidang tugasnya kepada Bupati, dan

Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

b. Sekretariat Dinas Perdagangan

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris Dinas dan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan umum, perlengkapan, kepegawaian, perencanaan, keuangan, evaluasi dan pelaporan serta memberikan pelayanan teknis administratif dan fungsional kepada semua unsur dillingkungan Dinas Perdagangan berdasarkan pedoman dan kebijakan yang telah ditetapkan. Sekretaris Dinas

menyelenggarakan fungsi:

– Perumusan kegiatan operasional dan program-program kerja Dinas Perdagangan yang akan

ditetapkan sebagai pedoman kerja;

– Pelaksanan surat menyurat dan kearsipan dinas serta pembinaan ketatalaksanaan

– Penyusunan rencana kebutuhan perlengkapan dan peralatan serta pelaksanaan keamanan dan

kebersihan kantor

– Pelaksanaan proses kedudukan hukum pegawai, upaya peningkatan kesejahteraan pegawai

pegawai;

– Penyiapan dan pengolahan data dalam penyusunan program dan perencanaan; – Penyusunan rencana kegiatan baik rencana strategis maupun rencana kegiatan tahunan,

-Penyusunan rencana anggaran, pengelolaan keuangan seta pertanggung jawaban pelaksanaannya,

Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya, dan

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

1. Subbagian Umum Dinas Perdagangan

Subbagian umum dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas yang mempunyai tugas membantu Sekretaris Dinas dalam melaksanakan urusan umum, surat menyurat, rumah tangga, perlengkapan dan memberikan pelayanan internal Kepala Subbagian Umum dalam melangsanakan tugas menyelenggarakan

fungsi – Penyusunan rencana kegiatan dan program kerja Subbagian Umum pedoman kerja

– Penyusunan dan pengelolaan urusan rumah tangga dinas, surat menyurat, kearsipan dan keprotokolan;

– Pelaksanaan urusan rumah tangga, kearsipan dan persiapan penyelenggaraan rapat dinas; – Pelaksanaan kebersihan, ketertiban dan keamanan dilingkungan Dinas Perdagangan;

– Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja Subbagian Umum; – Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas

fungsinya, dan

Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2. Subbagian Kepegawaian Dinas Perdagangan

Subbagian kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berada di bawah dan s bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas yang mempunyai tugas membantu Sekretaris Dinas melaksanakan urusan evaluasi, analisis kelembagaan dan administrasi kepegawaian. Kepala Subbagian Kepegawaian dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi:

– Pengumpulan, pengolahan dan penyajian data pegawai dilingkungan Dinas Perdagangan; Penyelenggaraan tata usaha kepegawaian yang meliputi pengembangan, peningkatan karir

pegawai, kesejahteraan pegawai dan pemberhentian pegawai dilingkungan Dinas Perdagangan;

– Penyempurnaan formasi dan perencanaan pegawai dilingkungan Dinas Perdagangan,

– Pelaksanaan pengajuan program dan pembinaan pegawai dilingkungan Dinas Perdagangan;

– Peningkatan kemampuan sumber daya manusia dilingkungan Dinas Perdagangan;

-Pemberian saran dan pertimbangan, telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan fungsinya; dan – Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya..

3. Subbagian Keuangan Dinas Perdagangan

Subbagian keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas yang mempunyai tugas Sekretaris Dinas dalam menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja Dinas Perdagangan dan melaksanakan urusan keuangan serta penatausahaan administrasi keuangan. Kepala Subbagian Keuangan dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi

– Pengelolaan dan penataan administrasi keuangan Dinas Perdagangan;

-Penyiapan bahan penyusunan anggaran dan usul revisi anggaran Dinas Perdagangan;

Penyiapan bahan penyusunan verifikasi dan pemantauan pelaksanaan anggaran Dinas

Perdagangan;

Pengurusan gaji pegawal Dinas Perdagangan;

– Penyusunan laporan dan pengurusan anggaran penerimaan Dinas Perdagangan,

Penelitian dan pengkoreksian kebenaran dokumen/bukti penerimaan, penyampaian dan

pengeluaran dana anggaran; – Penyusunan laporan pelaksanaan tugas penyelenggaraan administrasi keuangan sebagai laporan

pertanggungjawaban; – Pemeliharaan dan pengamanan dokumen pengelolaan keuangan:

– Pemberian saran dan pertimbangan lelaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya; dan. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

c. Bidang Perdagangan.

Bidang Perdagangan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas merumuskan kebijakan umum dan teknis, menyusun perencaanaan dan pelaksanaan kebijakan dibidang perdagangan, membina, mengevaluasi dan mengkoordinasikan dibidang perdagangan, serta memonitoring peredaran barang. Kepala Bidang Perdagangan dalam menjalankan tugas sebagaimana menyelenggarakan fungsi:

– Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan/atau asosiasi dunia perdagangan, – Pelaksanaan pembinaan, pengembangan dan pengawasan kelembagaan dibidang perdagangan;

– Pelaksanaan monitoring dan fasilitasi kegiatan distribusi bahan kebutuhan pokok dan ekspor impor

– Penyelengaraan kegiatan penyuluhan dan promosi dibidang usaha perdagangan; – Penyelenggaraan pengadaan sarana dan prasarana perdagangan;

– Pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data serta pengawasan dan evaluasi kegiatan pasar

dalam rangka penyediaan informasi pasar dan stabilisasi harga;

– Pelaksanaan monitoring dan pengawasan terhadap peredaran barang:

– Pemberian pertimbangan/rekomendasi teknis perizinan dibidang perdagangan;

– Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya; – Perencanaaan operasional kegiatan, baik secara bulanan, tahunan maupun insidentil; dan

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

1. Seksi Pengadaan dan Penyaluran Dinas Perdagangan Seksi pengadaan dan penyaluran dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah

dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perdagangan yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Perdagangan dalam menyusun program kerja Seksi Pengadaan dan Penyaluran, melaksanakan pengadaan sarana dan prasarana perdagangan, memantau dan mengawasi perizinan perdagangan, memfasilitasi dan merekomendasikan pendaftaran perusahaan dan gudang. mengawasi distribusi bahan pokok, mengkoordinasikan dan mengawasi distribusi barang bersubsidi dan uji coba pasar baru. Kepala Seksi Pengadaan dan Penyaluran dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi:

– Pelaksanaan fasilitasi, pertimbangan teknis, keterangan dan rekomendasi izin usaha perdagangan,

– Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan, monitoring dan evaluasi serta rekomendasi pemberian izin perdagangan barang kategori dalam pengawasan izin usaha perdagangan, minuman beralkohol golongan b dan c untuk pengecer, penjualan langsung untuk diminum di tempat. pengecer dan penjualan langsung untuk diminum di tempat untuk minuman beralkohol

– Pelaksanaan pemantauan dan pengawasan perizinan perdagangan, pendaftaran gudang:

– Pelaksanaan fasilitasi dan rekomendasi penerbitan tanda daftar gudang.

– Pelaksanaan pengawasan distribusi bahan pokok dan barang strategis lainnya,

– Pelaksanaan inventarisasi dan fasilitasi revitalisasi pasar tradisional,

– Pelaksanaan pemantauan dan monitoring pengadaan dan penyaluran bahan pokok dan barang strategis lainnya;

– Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja seksi pengadaan dan penyaluran

– Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya; dan – Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

2. Seksi Penyuluhan dan Promosi Dinas Perdagangan

Seksi penyuluhan dan promosi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perdagangan yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Perdagangan dalam melaksanakan penyuluhan dan memberikan informasi perdagangan kepada para pelaku usaha perdagangan, memberikan informasi mengenal peluang pasar dan peluang investasi, serta mengkoordinasikan kegiatan promosi usaha perdagangan Kepala Seksi Penyuluhan dan Promosi dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi:

– Penyusunan rencana jadwal pelaksanaan operasional promosi dan informasi melalui media

informasi yang ada,

– Penyiapan sarana dan prasarana pendukung terhadap pelaksanaan penyuluhan dan promosi: – Penghimpunan dan pengolahan data dan informasi sebagai bahan penyuluhan dan promosi:

-Penyebarlusan informasi potensi perdagangan daerah dan kemudahan fasilitas kepada calon

investor dalam dan luar negeri.

– Penghimpunan bahan dan pengolahan dala dalam penyusunan profil komoditi unggulan daerah – Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja seksi penyuluhan dan promosi;

– Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada alasan sesual tugas dan

fungsinya, dan -Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3. Seksi Pemantauan Harga dan Peredaran Barang Dinas Perdagangan

Seksi pemantauan harga dan peredaran barang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perdagangan yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Perdagangan mengumpulkan data, mengidentifikasi, menganalisis, menyiapkan bahan perumusan kebijakan Seksi Pemantauan Harga dan Peredaran Barang serta memantau harga dan mengawasi peredaran barang Kepala Seksi Pemantauan Harga dan Peredaran Barang dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi:

Pelaksanaan monitoring dan pengawasan terhadap barang dengan bahan berbahaya, kadaluarsa dan barang yang dilarang dan atau tidak berizin,

– Pelaksanaan pembinaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi kegiatan peredaran barang dan

stabilisasi harga;

– Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja seksi pemantauan harga dan peredaran barang

– Penyusunan rencana kerja tahunan dan perencanaan operasional kegiatan baik secara bulanan,

tahunan maupun insidentil,

Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya; dan

Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

d. Bidang Perindustrian

Bidang Perindustrian dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas merumuskan kebijakan umum dan teknis, membina, mengkoordinasikan dibidang perindustrian dan mengelola, menata, mensosialisasikan, memberikan bimbingan teknis, mengawasi dan mengendalikan bidang

perindustrian. Kepala Bidang Perindustrian dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi – Perumusan dan penyusunan program kerja Bidang Perindustrian;

– Perumusan kebijakan teknis atau rencana kerja tahunan Bidang Perindustrian; – Pelaksanaan pembinaan dan bimbingan teknis serta fasilitasi dalam pengembangan sarana, usaha

dan produk industri;

– Pelaksanaan pemantauan pencemaran lingkungan akibat kegiatan produk industri,

– Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja bidang perindustrian;

– Pemberian rekomendasi teknis pemberian izin usaha industri kecil dan menengah; – Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya, dant

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

1. Seksi Industri Agro Kimia dan Hasil Hutan Dinas Perdagangan

Seksi industri agro kimia dan hasil hutan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perindustrian yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Perindustrian dalam melaksanakan bimbingan teknis dan fasilitasi dalam pengembangan sarana prasarana, usaha dan produksi industri agro kimia dan hasil hutan serta melaksanakan kegiatan promosi dan informasi untuk menarik investor industri agro kimia dan hasil hutan untuk berinvestasi di Daerah. Kepala Seksi Industri Agro Kimia dan Hasil Hutan dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi

-Penyusunan program kerja Seksi Industri Agro Kimia dan Hasil Hutan; – Pengumpulan data, identifikasi, analisis, penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis Seksi

Industri Agro Kimia dan Hasil Hutan; – Pelaksanaan fasilitasi/rekomendasi perizinan usaha industri, Standar Nasional Indonesia dan Hak

atas Kekayaan Intelektual industri agro kimia dan hasil hutan, – Pelaksanaan bimbingan teknis dalam pengembangan sarana/prasarana produksi dan dukungan perolehan kegiatan penunjang produksi serta peningkatan kapasitas produksi industri agrokimia dan hasil hutan;

Pelaksanaan pembinaan peningkatan mutu produksi melalui pelatihan peningkatan ketrampilan sumber daya manusia industri, diversifikasi produk dan inovasi teknologi industri agro kimia dan hasil hutan;

– Pelaksanaan konsultasi kemudahan perolehan fasilitas teknologi, investasi dan sumber pendanaan

di industri agro kimia dan hasil hutan;

– Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja Seksi Industri Agro Kimia dan Hasil Hutan; – Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesual tugas dan

fungsinya; dan

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

2. Seksi Industri Logam, Mesin, Elektronika dan Aneka Dinas Perdagangan

Seksi industri logam, mesin, elektronika dan aneka dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perindustrian yang mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Perindustrian dalam melaksanakan bimbingan teknis dan fasilitasi dalam pengembangan sarana prasarana, usaha dan produksi industri logam, mesin, elektronika dan aneka serta melaksanakan kegiatan promosi dan informasi untuk menarik investor industri logam, mesin, elektronika dan aneka untuk berinvestasi di Daerah Kepala Seksi Industri Logam, Mesin, Elektronika dan Aneka dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi: – Penyusunan program kerja Seksi Industri Logam, Mesin, Elektronika dan Aneka;

– Pengumpulan data, identifikasi, analisis, penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis Seksi Industri Logam, Mesin, Elektronika dan Aneka; – Pelaksanaan fasilitasi/rekomendasi perizinan usaha industri, Standar Nasional Indonesia dan Hak

atas Kekayaan Intelektual industri logam, mesin, elektronika dan aneka;

– Pelaksanaan bimbingan teknis dalam pengembangan sarana/prasarana produksi dan dukungan perolehan kegiatan penunjang produksi serta peningkatan kapasitas produksi industri logam, mesin, elektronika dan aneka;

Pelaksanaan pembinaan peningkatan mutu produksi melalui pelatihan peningkatan ketrampilan

sumber daya manusia industri, diversifikasi produk dan inovasi teknologi industri logam, mesin,

elektronika dan aneka,

– Pelaksanaan konsultasi kemudahan perolehan fasilitasi teknologi, investasi dan sumber pendanaan

bagi industri logam, mesin, elektronika dan aneka;

-Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja Seksi Industri Logam, Mesin, Elektronika dan

Aneka;

– Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan fungsinya; dan

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3. Seksi Data dan Pengawasan Industri Dinas Perdagangan

Seksi data dan pengawasan industri dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Perindustrian yang mempunyai tugas merumuskan kebijakan teknis, membina, mengkoordinasikan di bidang data dan pengawasan industri serta mendata dan mengolah data serta mempublikasikan data perusahaan dan industri,

membina dan mengawasi industri dan pelaku usaha serta perusahaan. Kepala Seksi Data dan Pengawasan Industri dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi:

– Pengumpulan data, identifikasi, analisis, penyiapan bahan perumusan kebijakan Seksi Data dan

Pengawasan Industri;

– Pelaksanaan pendataan dan pengolahan data usaha, industri, pelaku usaha dan perusahaan:

– Pelaksanaan pengawasan penggunaan wajib uji produk, standarisasi desain dan perizinan baik

industri agro kimia dan hasil hutan maupun industri logam, mesin, elektronika dan aneka, – Pemantauan, pembinaan dan pencegahan pencemaran lingkungan akibat kegiatan produksi

industri agro kimia dan hasil hutan;

– Pemantauan, pembinaan dan pencegahan pencemaran lingkungan akibat kegiatan produksi

industri logam, mesin, elektronika dan aneka; – Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja Seksi Data dan Pengawasan Industri;

– Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya; dan

Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas

e. Bidang Pengelolaan Pasar

Bidang Pengelolaan Pasar dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas merumuskan kebijakan umum dan teknis, membina, mengkoordinasikan di bidang pengelolaan pasar dan mengelola, menata, mengembangkan, mensosialisasikan, memberikan bimbingan teknis, mengawasi dan mengendalikan pasar dan pedagang lainnya dalam Daerah. Kepala Bidang

Pengelolaan Pasar dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi: – Perumusan kebijakan teknis dan penyusunan program kerja Bidang Pengelolaan Pasar,

– Pendataan dan pengolahan data sarana prasarana distribusi (pasar), perizinan dan pedagang:

– Pelaksanaan fasilitasi/rekomendasi izin usaha pedagang, pengusaha toko, swalayan, pusat

perbelanjaan dan pedagang kaki lima;

– Pendataan, penyusunan dan pembuatan Daftar Induk Wajib Retribusi Pasar,

– Pelaksanaan pemberdayaan, pengembangan, penataan, pengawasan dan pengendalian pasar dan

pedagang

– Pelaksanaan pencatatan rekapitulasi pembayaran dan pelaporan dari wajib retribusi pasar,

– Penyiapan bahan perencanaan dan pelaporan pengembangan pasar – Pengelolaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pasar,

Pelaksanaan pengumpulan hasil penagihan retribusi pasar, – Pelaksanaan hubungan kerjasama dalam pembinaan pengembangan pasar dan pedagang.

– Penyusunan rencana kegiatan pembinaan terhadap pemungutan retribusi, keamanan dan ketertiban, pasar

– Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya, dan

Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

1. Seksi Retribusi dan Pembinaan Pedagang Dinas Perdagangan.

Seksi retribusi dan pembinaan pedagang dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengelolaan Pasar yang mempunyai tugas.

membantu Kepala Bidang Pengelolaan Pasar mengumpulkan data, mengidentifikasi, menganalisis, menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, dan mensosialisasikan, membina, memberikan bimbingan teknis terhadap pedagang serta retribusi pasar. Kepala Seksi Retribusi dan Pembinaan Pedagang dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi:

– Pelaksanaan penyusunan perencanaan pengelolaan retribusi pasar dan kegiatan pemasaran lainnya meliputi pendataan objek retribusi, pengumpulan dan penyetoran retribusi pasar, – Pelaksanaan bimbingan teknis, pembinaan dan sosialisasi terhadap pedagang dalam wilayah

kabupaten;

– Penyelenggaraan pembinaan dan pemberdayaan pedagang termasuk pedagang kaki lima; – Penghimpunan dan mencatat data objek dan subjek retribusi pasar dan mengusulkan penerbitan

surat tanda retribusi pasar daerah;

– Pelaksanaan pencatatan rekapitulasi pembayaran dan pelaporan hasil retribusi pasar, – Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan kegiatan seksi retribusi

dan pembinaan pedagang;

– Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan fungsinya; dan

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya. 2. Seksi Penataan dan Pengembangan Pasar Dinas Perdagangan Seksi penataan dan pengembangan pasar dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di

bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengelolaan Pasar mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengelolaan Pasar melakukan mengumpulkan data, mengidentifikasi, menganalisis, mennyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, dan mensosialisasikan, membina, dan mengkoordinasikan dalam penataan sarana prasarana dan kelembagaan pasar. Kepala Seksi Penataan dan Pengembangan Pasar dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi:

Penyusunan rencana penataan dan pengembangan pasar,

Pelaksanaan inventarisasi data sarana dan prasarana pasar guna penyusunan rencana kebutuhan;

– Pembinaan, pemberdayaan dan bimbingan terhadap asosiasi dan atau organisasi pedagang

pedagang kaki lima dan pedagang asongan;

– Penginventarisasian data sarana dan prasarana pasar guna penyusunan rencana kebutuhan:

– Pelaksanaaan kegiatan pemeliharaan, perawatan dan perbaikan sarana dan prasarana pasar,

– Penyiapan gudang penyimpanan barang:

– Pengembangan sistem informasi pasar; – Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya, dan

Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

3. Seksi Kebersihan, Keamanan dan Ketertiban Dinas Perdagangan

Seksi kebersihan, keamanan dan ketertiban dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengelolaan Pasar mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengelolaan Pasar mengumpulkan data, mengidentifikasi, menganalisis, menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, dan membina dan mengkoordinasikan dalam menciptakan dan menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban pasar.

Penyusunan rencana pengelolaan kebersihan, keamanan dan ketertiban pasar,

– Pelaksanaan pengaturan dan penertiban prasarana pasar antara lain kios, los dan fasilitas umum

lainnya di lingkungan pasar dan pedagang

– Pelaksanaan sosialisasi keselamatan dan kesehatan kerja, budaya tertib dan budaya bersih kepada pengguna jasa pasar,

– Pelaksanaan koordinasi dengan uptd dan organisasi dan instansi lain terkait dalam pelaksanaan kegiatan kebersihan, keamanan dan ketertiban pasar,

– Penyiapan sarana dan prasarana penunjang kebersihan, keamanan dan ketertiban pasar, – Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas dan

fungsinya, dan

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

f. Bidang Program dan Evaluasi

Bidang Program dan Evaluasi dipimpin

seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas

merumuskan kebijakan umum dan teknis, membina, mensosialisasikan, memberikan bimbingan teknis,

mengkoordinasikan di bidang perencanaan dan penyusunan program kegiatan, pengumpulan dan

pengolahan data, mengevaluasi dan melaporkan Kepala Bidang Program dan Evaluasi dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi: – Penerimaan dan pencatatan serta pengkoordinasian rencana kegiatan untuk penyusunan rencana dan

program di bidang perdagangan, industri, dan pengelolaan pasar serta mengevaluasi rencana

kegiatan dan program sebelumnya;

– Pengelompokkan dan pengidentifikasian permasalahan-permasalahan bidang perdagangan, industri,

dan pengelolaan pasar serta hasil evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan untuk dijadikan bahan

rapat koordinasi dengan bidang lain, untuk kelancaran pelaksanaan tugas; – Pengkoordinasian kebijakan pengembangan sektor perdagangan, industri dan pengelolaan pasar

dalam rangka pertumbuhan dan pengembangan perdagangan, industri dan pengelolaan pasar

– Pengkoordinasian kebijakan usaha pengendalian lingkungan dan penerapan/pemasyarakatan standar

nasional indonesia dan pengawasan mutu barang dan jasa daerah;

– Penyimpanan hasil evaluasi sesuai dengan prosedur yang berlaku agar mudah ditemukan kembali bila diperlukan;

– Pelaporan pelaksanaan tugas dan hasil kegiatan kepada alasan sebagai bahan evaluasi dan

pertanggungjawaban; dan

-Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

Perdagangan, Perindustrian, dan Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Seksi program perdagangan, perindustrian dan pengelolaan pasar dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Program dan Evaluasi yang mempunyal tugas mengelola objek kerja dengan cara menyusun dan mengkoordinasikan kebijakan program dan kegiatan bidang perdagangan, perindustrian dan pengelolaan pasar agar sesuai dengan Rencana Strategis Dinas Perdagangan Kepala Seksi Program Perdagangan, Perindustrian, dan Pengelolaan Pasar dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi:

-Penyusunan program kerja dengan menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksanaan untuk pedoman melaksanakan tugas Seksi Program Perdagangan

Perindustrian, dan Pengelolaan Pasar

-Pemantauan dan penganalisisan permasalahan di bidang perdagangan, perindustrian dan pengelolaan pasar serta mensinkronkan program perdagangan dengan kegiatan yang ada di

Rencana Strategis

– Pengendalian program kerja bidang perdagangan, perindustrian, dan pengelolaan pasar agar sesuai dengan pencapaian indikator sasaran yang sudah direncanakan dalam Rencana Strategis

– Pengkoordinasian kebijakan program dan kegiatan bidang perdagangan, perindustrian, dan

pengelolaan pasar

– Penyusunan program pengembangan sumber daya manusia pada sektor perdagangan, perindustrian dan pengelolaan pasar dan menyajikan data/informasi serta, pemantauan standar dan pengawasan mutu serta perlindungan konsumen: – Penyusunan laporan rencana kinerja program, kegiatan dan anggaran bidang perdagangan,

penndustrian dan pengelolaan pasar, dan

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

2. Seksi Pengolahan Data dan Informasi Dinas Perdagangan

Seksi pengolahan data dan informasi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Program dan Evaluasi yang mempunyai tugas menerima, mengumpulkan dan mengklarifikasi data dan informasi untuk bahan penyusunan laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan Dinas Perdagangan. Kepala Seksi Pengolahan Data dan Informasi dalam menjalankan tugas menyelenggarakan fungsi:

– Penerima dan pemeriksaan informasi dan data tentang rencana kegiatan program dan anggaran Dinas Perdagangan sebagai bahan kajian dalam rangka penyusunan laporan kinerja program dan

kegiatan dan anggaran Dinas Perdagangan,

– Pengumpulan dan pengklasifikasian informasi dan data kinerja program dan kegiatan untuk dijadikan bahan penyusunan rencana laporan akuntabilitas kinerja Dinas Perdagangan,

– Penyusunan dan pengumpulan data/informasi bidang perdagangan, perindustrian dan pengelolaan pasar untuk kebutuhan dokumen perencanaan dan evaluasi

– Penyusun Standar Operasional Prosedur pelaksanaan kegiatan bidang perdagangan, perindustrian

dan pengelolaan pasar,

– Pendiskusian konsep laporan monitoring dan evaluasi dengan atasan untuk kesempurnaan

penyusunan laporan, – Penyiapan data dan informasi sektor perdagangan, perindustrian dan pengelolaan pasar untuk

bahan penyusunan dan evaluasi program, kegiatan dan anggaran Dinas Perdagangan,

– Pelaporan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bahan evaluasi dan pertanggungjawaban; dan

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

3. Seksi Evaluasi dan Pelaporan Dinas Perdagangan

Seksi evaluasi dan pelaporan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Program dan Evaluasi yang mempunyai tugas mengevaluasi dan menyusun laporan kinerja pelaksanaan program dan kegiatan serta anggaran Dinas Perdagangan Kepala Seksi Evaluasi dan Pelaporan dalam menjalankan tugas

menyelenggarakan fungsi

– Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan bidang perdagangan,

perindustrian dan pengelolaan pasar,

– Perumusan informasi dan data capaian program dan kegiatan untuk dijadikan bahan penyusunan

laporan akuntabilitas kinerja dinas perdagangan;

– Penyusunan laporan monitoring dan evaluasi sesuai dengan hasil kajian untuk tercapaianya

sasaran sesuai rencana strategis dinas perdagangan,

– Pendiskusian konsep laporan monitoring dan evaluasi dengan atasan untuk kesempumaan penyusunan laporan: – Pelaporan hasil pelaksanaan tugas sesuai dengan p berlaku sebagai bahan evaluasi

dan pertanggungjawaban; – Pemberian saran dan pertimbangan telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai tugas

fungsinya, dan

– Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

g. UPTD Dinas Perdagangan

Pada Dinas Perdagangan dapat dibentuk UPTD sebagai unsur pelaksana teknis operasional dan atau kegiatan teknis penunjang tertentu. Terdapat 2 (Dua) jenis UPTD yang ada pada Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat, yaitu UPTD Pasar dan UPTD Kemetrologian Legal. UPTD Pasar terdiri

dan 3 (Tiga) yaitu UPTD Pasar Lematang, UPTD Bunga Mas dan UPTD Jarai. Kepala UPTD Pasar

menjalankan tugas :

– Mengarahkan dan memberikan petunjuk kerja kepada bawahan supaya tugas-tugas UPT Pasar

terlaksana dengan baik; – Mengkoordinasikan tugas-tugas bawahannya dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari

– Mengkoordinasikan, mensinkronisasikan, mengintegrasikan tugas dan kegiatan pada unit kerja

lainnya,

-Mengkoordinasikan perencanaan kegiatan administrasi dilingkungan UPT Pasar,

-Menyelenggarakan operasional UPT Pasar dalam rangka terlaksananya proses kegiatan kerja yang telah diprogramkan;

– Membagi tugas kepada bawahan (administrasi) supaya tugas-tugas pokok UPT Pasar dapat terbagi

habis,

– Melaksanakan upaya pelayanan dan penyuluhan kepada pedagang

– Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas Perdagangan Kepala subbagian tata usaha UPTD Pasar mempunyai tugas:

Merencanakan operasional kegiatan tata usaha baik secara bulanan, tahunan maupun insedentil; -Membuat laporan hasil pekerjaan tata usaha (umum, kepegawaian, keuangan) selanjutnya memberikan saran/usul kepada atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas,

-Membagi tugas kepada bawahan supaya tugas-tugas subbagian tata usaha terbagi habis dan terlaksana dengan baik

Menghimpun dan menyusun peraturan perundang-undangan beserta petunjuk pelaksana (Jukiak)

untuk pedoman melaksanakan tugas,

-Memeriksa dan meneliti konsep naskah dinas dan surat-surat biasa dari bawahan yang selanjutnya siap untuk diketik dan membubuhkan paraf pada hasil ketikan

– Memeriksa dan menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan ketatalaksana dan pengolahan surat

kearsipan dan perlengkapan serta menghimpun program kerja UPT Pasar, – Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

Kepala UPTD Kemetrologian Legal mempunyai tugas memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan seluruh kegiatan UPT Metrologi Legal. Sedangkan Kepala subbagian tata usaha UPTD

Metrologi Legal mempunyai tugas:

– Menyusun rencana dan kegiatan UPT Metrologi Legal

– Melaksanakan urusan kepegawaian, keuangan, rumah tangga, perlengkapan dan peralatan serta kebersihan kantor,

– Melaksanakan pembinaan kelembagaan, ketatalaksanaan dan peraturan dibidang kemetrologian – Melaksanakan koordinasi penyusunan anggaran dan laporan:

– Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala UPT sesuai dengan tugas dan fungsinya

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?